Hanya ada 3 bek tengah yang bisa mendapatkan gelar PFA Player Of The Year • SepakBola.com

Berita Bola

Sepakbola.com, Liverpool – Virgil Van Dijk baru saja terpilih sebagai pemain Liga Premier terbaik musim ini oleh Asosiasi Pemain Profesional (PFA). Bek tengah Liverpool itu mengalahkan nama-nama lain yang juga favorit seperti Sadio Mane, Eden Hazard dan Raheem Sterling.

Penobatan Van Dijk sebagai pemain terbaik Liga Premier musim ini dianggap tepat oleh banyak pihak. Mantan pemain Groninghen, Celtic, dan Southampton tampil luar biasa bagi Liverpool.

Van Dijk tidak dapat diganti di Liga Premier musim ini. Dari 36 pertandingan yang Lverpool lalui, ia selalu dimainkan untuk menjaga pertahanan. Statistiknya juga menawan. Musim ini tidak ada pemain di Liga Premier yang dapat mengoper Van Dijk dalam duel satu lawan satu.

Van Dijk masih memiliki pekerjaan yang belum selesai musim ini. Ia harus terus berusaha hingga akhir musim untuk membantu Liverpool menjadi juara di dua kompetisi yakni Liga Premier dan Liga Champions. Dalam dua kompetisi, pasukan Jurgen Klopp masih memiliki kesempatan untuk merebut trofi.

Artikel lain dari penulis

Namun, sebelum kita mengenal Van Dijk, tidak ada banyak bek tengah yang memenangkan pemain terbaik di Liga Premier. Sebelumnya hanya ada dua tokoh, Paul McGrath dan John Terry.

McGrath pertama kali tercatat sebagai bek yang memenangkan gelar pemain terbaik di ajang Liga Premier. Legenda dari Republik Irlandia melakukannya di musim 1992-93 alias musim pertama era Liga Premier.

Saat itu McGrath menjadi bagian penting dari pertahanan Aston Villa. Meskipun pada akhir musim McGrath hanya mampu membawa The Villans untuk menyelesaikan musim di posisi runner-up, penampilannya sepanjang musim pantas mendapatkan penghargaan.

Bek tengah kedua yang berhasil memenangkan gelar Pemain Terbaik PFA adalah John Terry. Sosok yang sekarang menjadi asisten pelatih Aston Villa ini menerima penghargaan di musim 2004-05.

Saat itu Chelsea memang sangat unggul. Di bawah asuhan Jose Mourinho, The Blues mampu menjadi juara Liga Premier dengan 95 poin. Salah satu faktor penting dalam kesuksesan Chelsea adalah John Terry.

Pada musim Liga Premier 2004-05 Terry hanya absen dua kali. Selebihnya ia bersama Ricardo Carvalho terus menjaga pertahanan Chelsea hingga akhir musim.

Sangat menarik untuk melihat bagaimana Virgil Van Dijk mengakhiri musim 2018-19. Apakah ia akan berakhir seperti Paul McGrath yang hanya runner-up, atau bisakah ia mengikuti jejak John Terry dengan membawa gelar itu ke Anfield? Menarik ditunggu.

Penulis: Ahmad Hasibuan
Editor: Avandi Wiradinata

Komentari artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *